“Memperingati Hari Anak Turkey, Tim dari SMP 1 Al-Azhar Tampil Fantastis”

20.01CIOFF INDONESIA

Minggu 17 April 2011 lalu, tim SMP 1 Al-Azhar pusat tiba di Bandara Ataturk, Turkey. Mereka akan menjalankan misi kebudayaan yang bertepatan dengan hari anak Turkey. Rombongan yang berjumlah hampir 30 orang ini ikut serta dalam 1st International Kucukcekmece Children’s Festival di kota Istanbul. Festival ini diselenggarakan selama 5 hari, mulai dari tanggal 20 April 2011 hingga 25 April 2011. Selain tim dari Indonesia yang diwakili oleh SMP 1 Al-Azhar pusat, tim dari Negara lain seperti Russia, China, German, N.Cyprus, Lithuania, dan Turkey sendiri ikut memeriahkan festival dalam rangka hari anak tersebut.

Selama berada di Istanbul, Turkey, para rombongan anak-anak, baik dari Indonesia maupun negara lainnya bertempat tinggal di rumah-rumah warga. Warga di turkey ini memang sangat terbuka dan ramah dengan adanya tamu dari negara lain. Meski tidak banyak warga yang bisa beelajaran dan pengalaman tersendiri bagi anak-anak khususnya para siswa/i SMP 1 Al-Azhar untuk dapat mengrbahasa Inggris namun komunikasi masih bisa berjalan walaupun hanya dengan bahasa isyarat. Ini menjadi penal langsung dan bersosialisasi dengan negara lain yang berbeda budaya dan bahasa.

Tim dari SMP 1 Al-Azhar pusat terdiri dari 18 orang penari dan 6 orang pemusik. Mereka menampilkan 5 tarian tradisional Indonesia dengan live music gamelan serta tabuhan gendang sebagai pengiring tarian tersebut. Tarian yang dibawakan antara lain ; Nandak ganjen dari Betawi, Tor-Tor dari Sumatra Utara, Glipang dari Jawa timur, Tifa dari Papua dan Saman dari Aceh. Penampilan mereka mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton dan warga yang menyaksikan. Salah satu yang menjadi tarian favorit dari Indonesia adalah Tari Saman, Aceh.

Dimata dunia kebudayaan Indonesia menjadi sangat menarik dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Seharusnya ini menjadi boomerang bagi kita untuk senantiasa menjaga dan ikut melestarikan kebudayaan Indonesia yang sangat beragam, khususnya tarian dan musik tradisional Indonesia. (RN)

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog