Pengalaman Pertama dengan CIOFF® Indonesia

10.44CIOFF Indonesia


Pada tahun 2011, dimana saya masih duduk di kelas 7 SMP di SMP Adik Irma. Suatu saat sekolah kami diberi kesempatan untuk mengikuti festival tari dan musik tradisional mewakili negara Indonesia di Turki, oleh CIOFF® Indonesia. Saya pun memutuskan untuk daftar dan mengikuti kegiatan tersebut, berserta beberapa teman lainnya.

Lalu pada akhir tahun 2011, latihan pertama kali dimulai. Pelatih – pelatih dari
CIOFF® Indonesia memberikan informasi atau wawasan dasar tentang tari seperti, bentuk, gerakan dasar, arah, dll. Setelah itu kami dibagi menjadi 2 kelompok tari, yang setiap kelompok masing-masing menarikan 2 tarian berbeda dan 1 tarian yang bersama. Kelompok saya diberikan Tari Tokecang dan Tari Rebana, sedangkan kelompok satunya diberikan Tari Nandak dan Tari Jarai, dan 1 tari lagi yang dimainkan bersama, Tari Saman.

Bagi saya, yang awalnya memang tidak terlalu mengerti tari, apa yang diajarkan dan diarahkan oleh pelatih-pelatih dari CIOFF® Indonesia sangat membantu saya dan teman – teman lain nya untuk mengerti cara menari yang baik. Dengan waktu yang  tidak terlalu panjang, hanya latihan setiap hari sabtu dan minggu selama kurang lebih 4 bulan, kita dapat menari semua tarian yang sudah diberikan dengan baik untuk dibawa ke Turki. Tidak lupa, kami juga diajari cara memain musik tradisional untuk mengiri para penarinya.

Selain mengajari tentang tari, pelatih - pelatih CIOFF® Indonesia juga mengajari kami bagaimana caranya merias sebagai seorang penari. Secara tidak langsung CIOFF® Indonesia juga mengajari kami bagaimana untuk hidup dan berperilaku selama di luar negeri nantinya saat mengikuti festival.



Dan pada akhirnya, bulan April 2012 sebelum kami berangkat kami mengadakan acara pelepasan di sekolah kami. Tidak lama setelah itu, baru kami semua berangkat ke Turki yang ditemani juga oleh satu perwakilan CIOFF® Indonesia. Mengikuti kegiatan bersama CIOFF® Indonesia merupakan sesuatu yang sangat berarti dalam kehidupan saya, apalagi sekarang saya telah menjadi bagian dari CIOFF® Indonesia.





#budaya dapat membuat orang lebih saling memahami.


 Artikel oleh Ayasha S
 Staff Blog of CIOFF® Indonesia


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog