Menjadi Duta Budaya Bersama CIOFF® Indonesia

08.54CIOFF Indonesia


Bermula ketika saya menyaksikan sebuah penampilan tari Saman, muncul ketertarikan terhadap seni budaya Indonesia yang kemudian menjadi titik awal dari perjalanan meraih prestasi besar dalam hidup saya. Saat itu merupakan tahun terakhir saya dibangku SMA, ketika sebuah program dari organisasi kebudayaan Internasional, yang bernama CIOFF® Indonesia, datang ke sekolah saya.

Program tersebut merupakan kegiatan misi budaya mewakili nama Indonesia, dalam festival dan kompetisi tari tradisional tingkat Internasional di kota Yalova, Turki. Mendapatkan kesempatan menampilkan bakat dan hobi di tingkat Internasional untuk mewakili negara tentu merupakan impian, dan juga suatu kehormatan dan kebanggaan bagi semua orang. Alasan itulah yang kemudian mendorong saya untuk ikut berpartisipasi bersama dengan 24 murid lainnya.

Berlatih selama kurang lebih 4 bulan untuk membawakan 7 tarian tradisional  dari berbagai daerah Indonesia. Kami berlatih keras untuk bisa membawa nama baik Indonesia di mata dunia, sebagai tugas utama kami yang akan menjadi duta kebudayaan Indonesia di acara tersebut. Kami dilatih oleh CIOFF® Indonesia dari kualitas setingkat siswa-siswi SMA sampai akhirnya siap bersaing dengan artis profesional yang akan kami hadapi disana.

Kegiatan festival berlangsung selama satu minggu, yang ditutup dengan kompetisi seni budaya antar negara partisipan. Selama kegiatan festival kami tampil dengan cukup baik. Masyarakat setempat dan negara partisipan pun memberikan apresiasi yang luar biasa terhadapa penampilan kami. Duta Besar Indonesia untuk Turki kala itupun sampai berpergian jauh dari kota Ankara ke kota Yalova hanya untuk menyaksikan penampilan kami selama di festival dan saat kompetisi.

Puncak acara dimeriahkan dengan diadakannya kompetisi antar negara partisipan pada hari terakhir. Penampilan dalam bentuk tarian, drama, musik dan nyanyian, ataupun gabungan dari beberapa penampilan yang mewakili seni budaya masing-masing negara pun diadu. Kami mendapat urutan penampilan kedua, menampilkan gabungan tari Tifa, dari Papua dan Tari Lontar, dari Nusa Tenggara Barat.

Kami memberikan penampilan maksimal, lebih dari yang pernah kami berikan sebelumnya. Tebarkan senyum bahagia dengan harapan untuk menghibur penonton, dengan bangga memperlihatkan seni budaya Indonesia di atas panggung internasional untuk negara tercinta. Malam itu, kami memberikan usaha terbaik kami, dan begitu juga dengan partisipan lainnya.

Saat penentuan tiba dan suasana pun terasa tegang, Semua orang yang hadir antusias untuk mengetahui hasil penjurian. Pemenang juara ketiga dan kedua telah disebutkan, dan nama Indonesia tidak terucap. Mengingat penampilan partisipan lain yang begitu memukau, kami tidak berharap banyak. Kami merasa sudah cukup bangga  dan puas dengan usaha yang telah kami berikan malam itu.

Kemudian MC mengumumkan, “And the first winner is…Indonesia!!”. Sesaat kami semua terdiam saling tatap penuh arti satu sama lain seperti tak percaya dengan apa yang kami dengar. Seluruh penonton dan partisipan riuh bertepuk tangan, menyadarkan kami bahwa kami telah memenangkan kejuaraan tersebut. Seketika kami mulai bersorak dan saling memeluk satu sama lain. Piala diserahkan kepada kami, bendera Indonesia sudah ditangan, dan kami menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama dengan lantang, sambil menangis terharu.

Bangga, satu kata yang bisa mendeskripsikan dengan baik perasaan saya dan teman-teman saat meraih prestasi tersebut. Mendengarkan nama Indonesia dielu-elukan di negara lain, dan betapa besar apresiasi dunia terhadapa budaya Indonesia telah mengubah cara pandang saya. Motivasi yang kemudian muncul untuk terus aktif sebagai duta budaya Indonesia yang terus berusaha agar kebudayaan kita senantiasa dikenal dan dicintai baik oleh masyarakat lokal dan juga internasional.

“A Nation’s culture resides in the hearts and the soul of its people”
–Mahatma Gandhi


Ditulis oleh
Gayatri Annisa Larasati
Staff Blog CIOFF Indonesia

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog