SMP Al-Azhar Kembangan

Al- Azhar Kembangan Team Goes To Pendik Children Festival

10.31CIOFF Indonesia


Tim tari SMP Al Azhar 10 Kembangan Jakarta berkesempatan mengikuti 14’th International Children Festival di Pendik, Turki pada tanggal 19 – 23 April 2019. Grup Al – Azhar 10 Kembangan terdiri dari 14 penari, 13 pemusik, Pak Manaf dan Ibu Neni selaku guru dari Al – Azhar 10, Almira Islamey sebagai Representative, dan Lydia Lestari Utami sebagai Koreografer. SMP Al – Azhar Kembangan latihan kurang lebih selama 3 bulan di setiap minggunya. 

Adapun tarian yang dipelajari yaitu tari Piring, tari Tokecang, tari Greget Jawara, tari Karepa dan tari Rapai Geleng. Sebelum berangkat menikuti Festival, SMP Al – Azhar 10 Kembangan melakukan pelepasan yang diadakan di Aula sekolah SMP pada hari senin, 15 April 2019. Pelepasan ini merupakan bentuk pertunjukan atas apa yang telah dilatih selama beberapa bulan belakangan ini, dan mempersembahkan dua tarian, yaitu tari Greget Jawara, tari Tokecang dan tari Rapai Geleng.





Setelah pelepasan grup SMP Al – Azhar 10 Kembangan berangkat ke Turki pada tanggal 17 April 2019 dengan menggunakan pesawat Turkish Airlines. Setibanya di Istanbul grup SMP Al – Azhar 10 Kembangan dijemput untuk melanjutkan perjalanan ketempat festival di Pendik. Perjalanan ke Pendik memakan waktu kurang lebih 2 jam. 14’th International Children Festival diikuti oleh 10 negara, yaitu Azerbaijan, Mongolia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Indonesia, Hungary, China, Ukraine, Serbia, TRNC. Opening Ceremony dilaksanakan di Pendik Beach Square dengan diawali parade dari setiap negara peserta dimulai dari Ataturk Monument Area.



Selama festival mereka berkesempatan tampil 3 kali, pada opening ceremony, pada hari anak di Sekolah dan juga outdoor performances di Pendik beach Square. Indonesia selalu menjaid pusat perhatian ketika berlatih dan tampil, karena dari seluruh tim yang berpartisipasi hanya Indonesia yang menampilkan Live music dan warna tarian yang berbeda. Selain performance mereka juga berkesempatan untuk Tour di Istanbul, melihat Miniaturk, Blue Mosque dan juga sebuah masjid baru bernama Camlica Camii.




Pengalaman mereka yang paling berkesan adalah saat tampil di Sekolah Abdullah Acar, mereka membuatkan panggung dan acara sebagai ajang bertukar budaya. Pada momen tersebut ketika Tim Al-azhar Kembangan menampilkan tarian piring dan juga Tokecang, mereke menerima apresiasi yang sangat luar biasa, sehingga seisi sekolah bergemuruh meyambut penampilan mereka.

Begitu juga dengan penampilan mereka di panggung utama yang mendapatkan apresiasi baik dari warga Turki. Demikianlah perjalanan misi budaya Tim Al-azhar di Pendik Turkey ditutup dengan mengikuti upacara penutupan, dan pemberian hadiah kepada Mayor Pendik, dan juga perpisahan dengan orang tua asuh selama di Pendik, Tim pun melanjutkan perjalanannya untuk Tur ke Eropa.









You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog