SMPN 115 Jakarta Mengikuti Festival Budaya di Turki

23.34CIOFF Indonesia



By Syarif Wibowo, Metro.sindonews.com, 15 April 2019

Festival Kocaeli Internasional Children akan berlangsung di Turki pada tanggal 18-29 April 2019. Indonesia akan mengirimkan beberapa tarian maupun musik budaya dan akan berdampingan dengan 47 negara lainnya yang turut berpartisipasi, seperti Rusia, Ceko, Hungaria, Polandia, Meksiko, India, dan tuan rumah Turkey.

Anna Muspiana Ketua penyelenggara pelepasan peserta dari SMP 115 mengungkapka rasa bangga terhadap anak-anak yang dapat mengikuti acara tukar budaya ini dan menjadi kebanggaan sekolah khususnya dan bangsa indonesia umumnya, karena mereka akan mewakili bangsa indoneaia di luar negeri.

"Kita mewakili bangsa indonesia dan akan membawa nama harum bangsa yang patut kita banggakan dan anak-anak diharapkan dapat menyesuaikan di negara lain," ungkap Anna.Sementara itu, Kepala Sekolah SMP 115 Yurianto berharap misi budaya ini sudah dijalani secara konsisten oleh SMP Negeri 115. Dan tahun ini adalah tahun ke-11. Pada even kali ini SMP Negeri 115 Jakarta akan memboyong 28 anak ke Turki, mereka akan mandiri seperti merias sendiri-sendiri.

"Siswa-siswi SMP Negeri 115 membuktikan bahwa misi budaya ini layak dan perlu dilaksanakan kembali sebagai bentuk usaha dalam memperkenalkan potensi anak muda Indonesia dalam memperkenalkan budaya bangsa," ungkap kepala sekolah dalam acara pelepasan siswannya yang akan mewakili bangsa Indonesia, Minggu (14/4/2019) di Jakarta.

Hal ini tidak terlepas dari peran serta CIOFF® Indonesia sebagai organisasi non-profesi dan organisasi budaya internasional yang bekerja sama dengan SMP Negeri 115. Sesuai pengertian yang ditentukan oleh UNESCO, CIOFF® terus berusaha untuk menghidupkan budaya Indonesia di manca negara.

CIOFF® Indonesia berhasil mengharumkan nama Indonesia di berbagai festival dan perlombaan yang tersebar di seluruh dunia. Pelepasan Duta Budaya Indonesia yang dihadiri segenap keluarga besar SMP Negeri 115, Duta Besar Turki di Indonesia, juga perwakilan jajaran pemerintahan Republik Indonesia pun turut hadir.

Grup tari dan musik SMP Negeri 115 akan menampilkan tarian-tarian yang akan dipertunjukkan di Turki nanti. Bukan hal mudah untuk sampai pada hari ini, karena tidak sedikit yang baru mengenal dunia tari dan musik.

Banyak di antara mereka yang belajar dari nol, dan kini, mereka sudah siap untuk menampilkan yang terbaik. Disiplin dan dedikasi yang tinggi menjadi kunci untuk menyukseskan misi budaya kali ini.

SMP Negeri 115 akan membawa tarian-tarian ini ke Turki, di antaranya adalah tari Saman dari Aceh, Greget Jawara dari Betawi, tari Piring dari Sumatera Barat. Tokecang Jawa Barat dan masih banyak yang lainnya.

Sekjen CIOFF Indonesia, Ayu Wiranti dalam keterangannya menjelaskan kegiatan ini akan terus ditingkatkan karena ini merupakan pertukaran budaya yang harus terus dilestarikan.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog