SMP Negeri 115

SMP Negeri 115 Menyemarakan Acara 23 International Pendik Children Festival

15.21CIOFF INDONESIA



Pada tanggal 19-23 April 2011 yang lalu, Indonesia yang diwakili oleh SMP Negeri 115 dengan bangga ikut serta dalam acara International Pendik Children Festival. Festival yang dilakukan selama 5 hari ini bertepatan dengan Hari Anak Turkey. Selain Indonesia, festival ini diikuti oleh 8 negara lainnya, yaitu Azerbayijan, Montenegro, Kosova, Russia, Rumania, Slovakia, Yaman, dan The Turkish Republic of Northern Cyprus.

Siswa-siswi SMPN 115 peserta festival tinggal bersama host family. Kegiatan di luar festival selalu mereka lakukan dengan host family masing-masing. Adanya perbedaan budaya dan bahasa tidak terlalu menjadi kendala bagi mereka semua. Keluarga-keluarga tersebut menerima anak-anak peserta festival dengan tangan terbuka dan anal-anak pun dengan senang hati bergabung dengan mereka. Pada akhir acara, banyak banyak keluarga yang bersedih karena harus berpisah dengan "anak-anak" mereka, anak-anak pun demikian.

Sebanyak 31 siswa-siswi SMPN 115 yang terdiri dari penari dan pemusik membawakan 5 jenis tarian tradisional dan beberapa musik kontemporer. 5 jenis tarian tersebut adalah tari Nandak Ganjen dari Betawi, tari Glipang dari Jawa Timur, tari Tifa dari Papua, tari Tor-tor dari Sumatra Utara, dan yang tidak asing lagi tari Saman dari Aceh. Pada acara pembukaan, Indonesia menampilkan tari Nandak Ganjen, dan pada penutupan menampilkan tari Saman. Kesenian tari tradisional ini ditampilkan di berbagai tempat di kota Pendik dan disaksika oleh walikota dan masyarakat sekitar. 

Penampilan yang fantastis dari tim ini dapat dilihat dari apresiasi yang ditujukan oleh masyarakat yang melihat penampilannya. Tidak jarang penampilan dari Indonesia mendapatkan satnding ovation. Panitia pun menyampaikan selamatnya langsung kepada pihak KBRI Turkey. Salah satu tarian favorit dari Indonesia adalah tari Saman dari Aceh dan tari Glipang dari Jawa Timur. Keramahtamahan dan kebudayaan Indonesia yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun peserta festival dari negara lainnya.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog