SMP Negeri 115

SMP 115 akan meriahkan International Children's Festival di Pendik, Turki

21.26CIOFF INDONESIA



            SMP 115/Smabel adalah salah satu sekolah unggulan di Jakarta Selatan. Bertempatan di kecamatan tebet, sekolah ini telah membantu jakarta selatan menjadi peringkat pertama di Jakarta. Dengan kepala sekolah ibu Pesta Maria YS. SMP 115 meraih banyak prestasi. diantaranya, SMP 115 meraih nilai UN SMP tertinggi se-Jakarta, dan mereka pernah memenangkan juara di olimpiade-olimpiade seperti OSN, O2SN dan Cerdas Cermat.

            Pada bulan April nanti, SMP 115 akan meriahkan kota Pendik, Turki. Dengan berpartisipasi di International Children's Festival. Bersama dengan delegasi dari negara-negara lain seperti negara: Russia, Azerbaijan, Polandia, Turki, Georgia, Slovakia, dan KKTC.

            Festival International Hari Anak 23 April diprakarsai oleh TRT pada tahun 1979 dengan tujuan sebagai perayaan secara resmi festival anak-anak di dunia untuk pertama kalinya, yang didedikasi kepada anak-anak Turki oleh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Pada dasarnya Hari Anak pertama kalinya diperingati pada tanggal 23 April 1920 yang bertepatan dengan berdirinya Parlemen pertama Turki. Peringatan Hari Anak bertujuan untuk menciptakan persaudaraan diantara anak-anak, rasa sayang dan ikatan persahabatan demi terciptanya perdamaian di dunia. Tujuan utama Atatürk dalam menyelamatkan negaranya dari kehancuran, dengan membuat revolusi di berbagai bidang. Salah satunya, dengan mengubah pemikiran-pemikiran masyarakat Turki dengan pentingnya suatu peradaban. Festival International Hari Anak 23 April yang diselenggarakam pertama kali dan secara resmi oleh PBB telah dinyatakan sebagai tahun Anak-anak Dunia pada tanggal 23 April 1979 di Turki telah dihadiri oleh 4 negara. Sekarang, setiap tahunnya sekitar 50 megara ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Kegiatan tersebut diikuti oleh anak usia 8-14 tahun. Festival telah diselenggarakan di beberapa kota besar di Turki seperti Ankara, Istanbul, Izmir, Pendik, dan Antalya.

            Persiapan untuk mengikuti festival ini, SMP 115 berlatih selama 3-4 bulan. Berlatih setiap weekend, para peserta berlatih banyak hal. Dari latihan beberapa jumlah tarian yang akan ditampilkan nanti, latihan musik untuk mengiri tarian - tarian tersebut, latihan make up, dan latihan untuk memakai kostum - kostum. Dan sebelum keberangkatan, SMP 115 akan melaksanakan pelepasan. Di dalam pelepasan itu, mereka akan menampilkan beberapa dari tarian yang akan di tampilkan di sana dengan full make up dan kostum. Pelepasan ini dilakukan oleh sekolah untuk melepaskan para peserta dan mendoakan mereka agar nanti mereka akan sukses dan lancar di Festival nanti.

            Setelah berpartisipasi mengikuti Festival, sebelum pulang kembali ke Indonesia mereka akan mendapatkan study tour. Study tour ini akan di laksanakan di kota Istanbul. Mereka akan mengelilingi kota Istanbul, mengunjungi musium-musium seperti Hagia Sophia , menyebrangi Bospourus dan berjalan-jalan di salah satu pasar tradisional terbesar dan terluas.

Bahasa sehari-hari yang dapat dipakai di Turki :

Merhaba/Günaydin             =        Halo/Selamat Pagi
Iyi günler/lyi akşamlar        =        Selamat Siang/Malam
Hoş geldiniz                      =         Selamat Datang
Benim adim....                   =        Nama saya...
Sizin adiniz ne?                  =        Siapa nama kamu?
Nasilsiniz?                         =        Apa kabar?
Afiyet olsun                       =        Selamat makan
Saat kaç?                            =       Jam berapa?
Bu kaç lira?                        =       Berapa harganya?
Hoşça kal/Elveda                =        Sampai jumpa/Selamat tinggal
Güle güle                           =        Selamat jalan
Türkiye'yi çok sevdim         =       Saya sangat suka Turki
Sizi çok özleyeceğim           =       Saya akan sangat merindukan anda


Ayo kita lestarikan budaya Indonesia yang indah dan bervariasi! :D

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog