136 Kesenian Daerah dan 7 Tim Kesenian Mancanegara Bakal Meriahkan TIFAF

00.21CIOFF Indonesia

FOTO Tampilan tim kesenian daerah Kukar dan kesenian mancanegara bakal meriahkan TIFAF.

By Medsi01, Humas.kukarkab.go.id, 19 September 2019

TENGGARONG -Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) 2019 yang digelar pada 21 – 29 September 2019 di Tenggarong, rencananya akan dimerihkan tujuh tim kesenian mancanegara. Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni mengatakan, tujuh tim kesenian internasional tersebut yakni dari Belanda, Romania, Rusia, Thailand, Timor Leste, Korea Selatan dan Peru, yang merupakan bagian dari CIOFF (International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts).

"Tentunya festival ini akan semakin meriah dengan penampilan grup kesenian rakyat yang ada di Kutai Kartanegara," ujar Sri saat memimpin rapat persiapan Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) 2019, di ruang rapat BPKAD Lantai III Gedung B Kompleks Perkantoran Bupati Kukar Tenggarong, pekan tadi. Dikatakannya, untuk sementara tercatat ada 136 Grup kesenian daerah yang akan memeriahkan TIFAF. Kemudian sanggar tari keraton 2 Grup, Paguyuban 10 grup. Selain itu ada Drum Band 2 grup, sanggar seni Melayu Kutai Jepen 41 grup, rudat 1 grup, teater tradisional mamanda 2 grup, tingkilan 9 grup, Tarsul 10 grup, Ngapeh ada 24 kelompok.

Selain itu ada juga grup kesenian rakyat Kutai Kartanegara Kelompok seni religi seperti Hadrah 1 , grup Habsyi 1 grup dan Samrah 1 grup. Ada juga sanggar seni pedalaman Dayak Benuaq 12 grup, Dayak Kenyah 10 grup, Dayak Modang 1 grup, serta Dayak Lundayeh 1 grup. Semantara itu, untuk lokasi kegiatan TIFAF 2019 menurut Sri dipusatkan di Kota Raja Tenggarong, diantaranya lapangan basket tepian turap Mahakam sebagai lokasi panggung utama. Pulau Kumala (Street Performance dan Tenggarong Hijau), Lamin Adat di Pulau Kumala (kunjungan budaya dan eksebisi permainan tradisional), halaman Kantor Bupati (penutupan festival).

Sri mengatakan, peringatan hari jadi Kota Tenggarong dan pesta adat Erau dan IFAF untuk tahun 2019 ini sedikit berbeda pelaksanaannya, karena kegiatannya digelar terpisah, yaitu Erau adat keraton dilaksanakan tersendiri tanpa digabung dengan IFAF. Sehingga IFAF dilaksanakan terpisah dengan nama Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF). Festival kesenian rakyat internasional atau TIFAF yang dulu dikenal EIFAF dilaksanakan pada 21 – 29 September 2019.

Berbagai macam kemeriahan dilaksanakan dalam meramaikan TIFAF yaitu, karnaval seni intersional-pentas kesenian rakyat Internasional, street performance, festival Seni Daerah Kutai, kunjungan ke sekolah dan permainan tradisional. Kemudian ada gelar upacara adat pedalaman, pameran pariwisata dan perdagangan, Tenggarong hijau, kunjungan budaya serta ziarah makam raja raja Kutai Kartanegara.

Source link: https://humas.kukarkab.go.id/read/news/2019/13174/136-kesenian-daerah-dan-7-tim-kesenian-mancanegara-bakal-meriahkan-tifaf.html

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog