#EachforEqual CIOFF Indonesia

Hari Perempuan Internasional: Memperjuangkan Kesetaraan

16.05CIOFF Indonesia


8 Maret adalah peringatan untuk Hari Perempuan Internasional, yang bertujuan bagi kaum perempuan untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Pada tahun 1908 lah mulai adanya keresahan serta perdebatan kritis di kalangan perempuan.

Masa itu, kaum perempuan menjadi aktif mengikuti kampanye perubahan karena tingkat penindasan dan kesenjangan perempuan cukup tinggi. Tidak sedikit perempuan berusaha menyuarakan aspirasi mereka untuk bisa mendapatkan pengurangan jam kerja, kenaikan gaji, dan kebebasan dalam memilih.

Semenjak itu mulai banyak gerakan-gerakan atau perayaan mengenai hak perempuan di berbagai negara Amerika, serta Eropa, dan memiliki tujuan yang sama. Clara Zetkin, Petinggi “Women’s Office” dari Partai Sosial Demokrat Jerman, yang mengusulkan adanya perayaan Hari Perempuan di seluruh dunia, dan ia mendapatkan sambutan yang positif dari ratusan perempuan dari belasan negara.

Hingga akhirnya pada tahun 1977, PBB dengan mengundang beberapa negara anggota untuk meresmikan tanggal 8 Maret sebagai hari untuk merayakan hak perempuan dan juga perdamaian dunia.

Dengan pernyataan Hari Perempuan Internasional dari PBB itulah banyak negara anggota yang berupaya untuk menghilangkan diskriminasi pada kaum perempuan. Perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan gender pun berlangsung tak henti-hentinya sampai sekarang ini.

Contoh, seperti CIOFF Indonesia yang memiliki tujuan melestarikan seni budaya tradisional, seperti seni tari dan musik dari Indonesia sendiri, memiliki anggota yang mayoritas adalah perempuan.

Disini dengan kegiatannya, mereka berkesempatan untuk menjadi pelatih, mengajar anak-anak untuk mencapai tujuan mereka. Disamping itu, mereka juga diajarkan dan diberi kesempatan untuk menjadi pemimpin serta penanggung jawab dalam sebuah grup.

Banyak kegiatan dari CIOFF lainnya yang juga memanfaatkan tenaga dan otak dari anggota mereka yang mayoritas berisikan perempuan itu. Tidak hanya pada standar nasional, CIOFF Indonesia juga berkerja pada standar internasional bersama dengan kurang lebih 100 negara lainnya yang berpartisipasi di CIOFF Dunia. Hasilnya, tidak sedikit dari mereka yang berhasil membuktikan bahwa perempuan juga bisa melakukan tugas-tugas tersebut.

Dari CIOFF maupun perempuan dikalangan masyarakat lainnya, masih banyak lagi kegiatan yang memang menunjukan bahwa perempuan itu bisa melakukan pekerjaan atau tugas apapun selagi mereka mau dan bisa.

Ayo, perempuan Indonesia perjuangkan kesetaraan dan tunjukan kita bisa!

Happy International Women’s Day!
#EachforEqual
#GenerationQuality





You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog