Apresiasi Bulan Musik Nasional

Apresiasi Pada Musik Nasional Indonesia

15.37CIOFF Indonesia

Hari Musik Nasional dipepringati pada tanggal 9 Maret, tanggal tersebut dipilih karena merupakan tanggal lahir dari pahlawan nasional dan seorang komponis lagu kebangsaan Republik Indonesia "Indonesia Raya", Wage Rudolf Soepratman.

Pertama kali Hari Musik Nasional diperingati pada 9 Maret 2013 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional, dengan tujuan upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

Dengan adanya peringatan Hari Musik Nasional ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musikus Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa kita sendiri.

Bila dilihat, banyak kelompok atau organisasi yang ikut serta untuk mengapresiasi dan melestarikan budaya Indonesia, modern ataupun tradisional dalam seni musik. CIOFF Indonesia adalah salah satunya.

CIOFF Indonesia yang memiliki misi dalam dunia seni Indonesia, dan seni musik merupakan salah satu dari seni yang digarap oleh CIOFF Indonesia, selain seni tari. Seni musik yang mereka kuasai adalah musik tradisional, serta alat musik tradisional seperti, gendang, kenong, saron, dan lain lain.

Hampir seluruh musik yang mereka gunakan untuk tarian mereka dibuat sendiri oleh CIOFF Indonesia. Sekarang, dengan majunya jaman, mereka tidak ragu untuk mencoba mencampurkan alat musik tradisional dengan modern dalam membuat musik mereka.

CIOFF Indonesia Melestarikan Musik Daerah Indonesia

CIOFF Indonesia memang memiliki anggota sendiri yang khusus sebagai pemusik, yang memiliki keahlian dalam bermain serta membuat musik. Namun, seluruh anggota lainnya, selain pemusik, juga diajarkan untuk bisa bermain musik dengan alat musiknya. Seni musik yang mereka bawakan juga dipertunjukan kepada dunia internasional.

Disinilah letak dimana CIOFF Indonesia ikut serta dalam mengapresiasi dan melestarikan seni musik bangsa Indonesia, musik tradisional.

Mari kita apresiasi musik nasional Indonesia dan banggalah!

#HariMusikNasional
#BulanMusikNasional

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog