#dirumahaja CIOFF Indonesia

Masyarakat Latin Belajar Tari Saman Di Rumah Aja

00.00CIOFF Indonesia

Kegiatan ini bertajuk Folklore a Distancia Internacional yang diselenggarakan pada tanggal 16, 18, dan 20 Juni 2020 waktu Indonesia. Ini merupakan sebuah program yang dibuat oleh CIOFF® Meksiko dengan tujuan agar masyarakat Amerika Latin dapat mempelajari tari tradisional dari negara lain. CIOFF® Meksiko mengundang beberapa negara untuk mengajarkan tari tradisional mereka yang salah satunya adalah Indonesia.



Workshop ini dilakukan melalui ZOOM Meeting. Selama 2 jam, mereka dengan antusias mempelajari gerakan-gerakan tari Saman yang diajarkan oleh salah satu perwakilan dari CIOFF® Indonesia, yaitu Ayu Wiranti. Tepat pukul 8.00 WIB program ini dimulai, yang artinya program ini dimulai pada pukul 8 malam waktu Meksiko, mengingat Indonesia dan Meksiko memiliki perbedaan waktu 12 jam. Kegiatan ini diawali dengan presentasi mengenai tari Saman kepada seluruh peserta workshop. 


Pada hari pertama peserta yang mengikuti workshop berjumlah 79 peserta orang yang berasal dari berbagai negara antara lain,  Meksiko, Panama, Kosta Rika, Chili, Bolivia, Brazil, Paraguay, Ekuador, dan juga Indonesia. Hari kedua, workshop diikuti oleh 79 peserta dan hari ketiga diikuti oleh 66 peserta.



Secara keseluruhan setiap harinya Indonesia dapat mengajarkan 2 bagian gerakan tari Saman. Seluruh peserta mengikuti workshop dengan baik dan antusias. Beberapa dari mereka juga memiliki ketertarikan terhadap Indonesia sehingga beberapa kali melontarkan pertanyaan tentang kebudayaan Indonesia. Mereka juga diberikan kesempatan untuk menari dengan iringan gendang.


Program ini berjalan dengan lancar tanpa adanya halangan. Peserta juga dapat mempelajari gerakan-gerakan yang diberikan dengan cepat. Workshop ini ditutup dengan pemberian apresiasi berupa sertifikat yang diberikan oleh pihak penyelenggara kepada Indonesia serta ucapan terima kasih yang tak henti-hentinya dilontarkan oleh para peserta.



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog