CIOFF Indonesia CIOFF®

Menari Bersama di Hari Masyarakat Adat Dunia

11.35CIOFF Indonesia

Apa itu Hari Masyarakat Adat Sedunia? 


Hari Masyarakat Adat Sedunia telah ditetapkan oleh PPB pada 23 Desember 1994, bahwa tanggal 9 Agustus merupakan Hari Masyarakat Adat Sedunia. Tujuan dari adanya peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia sendiri untuk melindungi hak-hak masyarakat adat yang ada di dunia dan juga untuk menghargai konstribusi masyarkat adat pada isu-isu dunia.

Terlepas dari perbedaan adat budaya di dunia, masyarakat adat dari seluruh dunia berbagi masalah umum, yaitu terkait dengan perlindungan hak-hak mereka sebagai masyarakat yang berbeda. Disinilah PBB siap mendukung semua inisiatif yang bertujuan untuk mewujudkan hak dan aspirasi masyarakat adat.


Pada bulan yang sama dengan perayaan hari masyarakat adat sedunia, CIOFF® juga berulang tahun tepatnya pada tanggal 8 Agustus. Dan dalam rangka merayakan hari ulang tahun CIOFF® mengadakan workshop online, dimana dari berbagai negara yang merupakan anggota dari CIOFF® dunia memberikan kesempatan untuk masyarakat luar belajar tarian asal dari setiap negara tersebut. Dapat disebut tarian-tarian yang diajarkan merupakan tarian adat asli dari setiap negara.

Indonesia adalah salah satu negara dari CIOFF® sektor Asia Pasifik yang ikut mengadakan workshop online tersebut, serta beberapa negara lainnya dari sektor Asia Pasifik yang juga ikut mengadakan workshop online. Tidak hanya dari Asia saja, masih banyak negara-negara lain yang juga ikut berpartisipasi mengadakan workshop online ini, seperti berbagai negara dari Eropa dan juga Amerika.

Selain untuk memperingati ulang tahun CIOFF®, workshop tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu konstribusi kita dalam melestarikan adat dan budaya negara kita. 

Ayo, kita sebagai generasi muda ikut lindungi dan lestarikan adat dan budaya negara kita, berbagai cara dapat kita lakukan untuk berkonstribusi. Selamat Hari Masyarakat Adat Sedunia!

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog