Media Coverage Sanggar Tari Angsana Karimun

Sanggar Tari Angsana Karimun Juara 4 di Turki

20.33CIOFF INDONESIA

batampos.co.id – Sanggar tari Angsana membawa harum nama Kabupaten Karimun di pentas tari dunia yang berlangsung di Turki, 7-12 Juli lalu. Mewakili Indonesia, Sanggar Angsana Dance Community berhasil meraih Honorable Price (juara 4) pada ajang 29th International Golden Karagoz Folk Dance Competition di Kota Bursa Turki.

International Golden Karagoz Folk Dance Competition dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan mempersatukan aneka budaya dari berbagai negara. Selain itu, mempererat persahabatan, dan saling berbagi nilai budaya masing-masing bangsa di dunia. Untuk tahun 2015, kompetisi diikuti sebanyak 25 negara.

M Ramadhan, Direktur Delegasi Indonesia menyebutkan, Indonesia berhasil masuk final setelah melewati babak semifinal bersama 24 negara lainnya. Sayang di babak final, Indonesia harus mengakui keunggulan Serbia, Bulgaria, dan Republik Turki Siprus Utara. “Meski menduduki juara 4, tapi Indonesia berhak membawa pulang hadiah sebesar 1.000 euro,” sebutnya.

Festival dibuka Wali Kota Bursa, Recep Altepe. Agenda selanjutnya, penukaran cinderamata dari setiap negara dengan pemerintah Kota Bursa. Setiap kontingen mengenakan busana tradisional khas masing-masing negara. Ribuan penduduk Kota Bursa antusias memadati panggung yang terletak di Komplek Museum Kota Bursa.

“Keunikan International Bursa Festival dan Golden Karagoz Folk Dance Competition ini, setiap delegasi dinilai selama berada di tengah arena kompetisi. Selain itu, setiap delegasi harus tampil tiap hari pada ajang festival dan kompetisi di panggung yang berbeda. Tidak hanya penampilan yang dinilai, termasuk bagaimana para delegasi berperilaku dan bersosialisasi satu sama selama di pemondokan,” bebernya.

Angsana Dance Community mendapat kesempatan tampil sebanyak 6 kali di tiga tempat berbeda. Masing-masing saat Opening Ceremony pada 7 Juli, Pra-kompetisi 8 Juli, Semi Final 11 Juli, dan Final 12 Juli di Achicava Tiyatsoru, Open Air Theatre. “Pada setiap kesempatan, sanggar tari Angsana membawa misi budaya Melayu. Sungguh sangat mendebarkan karena setiap peserta tampil sangat prima,” ujar Ramadhan.

Disebutkan, keberhasilan Sanggar Anggsana meraih juara empat berkat berlatih keras selama dua bulan. “Latihan berat dan disiplin yang dijalani tim selama dua bulan, terbayar sudah dengan torehan prestasi membanggakan. Jadi, perjalanan tim Sanggar Anggsana dari Karimun untuk mewakili Indonesia tak sia-sia,” tambahnya. (enl)

Sumber : http://batampos.co.id/30-07-2015/sanggar-tari-angsana-karimun-juara-4-di-turki/




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog