SMA Negeri 8

SMA NEGERI 8 MENGHARUMKAN NAMA INDONESIA DI ZACATECAS INTERNATIONAL FOLKLORE FESTIVAL ZACATECAS-MEKSIKO, 26 JULI - 2 AGUSTUS 2015

13.49CIOFF INDONESIA



SMA Negeri 8 berpartisipasi di acara Zacatecas International Folklore Festival 2015 di kota Zacatecas-Meksiko pada tanggal 26 Juli - 2 Agustus 2015. Ini adalah ke-4 kali nya SMA Negeri 8 berkesempatan bekerja sama dengan CIOFF Indonesia untuk mengikuti festival folklore internasional di luar negeri. Sebelum nya, SMA Negeri 8 yang dipimpin oleh Ibu Cut Meurah Regariana ini pernah mengikuti folklore festival di negara Korea Selatan, North Cyprus dan Spanyol, dan pada tahun ini SMA Negeri 8 mendapatkan keberuntungan untuk mengikuti salah satu festival CIOFF terbesar di dunia yaitu di Kota Zacatecas di Meksiko.

Kota Zacatecas ini adalah kota kecil yang berada di 600 km di sebelah utara kota Meksiko dan cukup unik karena berada di dataran tinggi yaitu 2440 meter di atas permukaan laut. Tiap tahun nya Pemerintahan Kota Zacatecas yang dipimpin oleh Walikota Mr. Arnoldo Rodriguez Reyes bekerja sama dengan CIOFF Mexico Mr. Alejandro Camacho Gonzalez mengadakan International Folklore Festival dan tahun ini adalah ke 20 kali nya mereka mengadakan festival ini. Mereka mengundang berbagai negara dari 5 benua serta group-group Nasional dari Mexico dan group-group lokal Zacatecas untuk turut meriahkan acara ini. Pada tahun 2015 mereka mengundang 18 negara yaitu Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Mesir, El Salvador, Spanyol, Perancis, Kanada, Haiti, India, Indonesia, Nikaragua, Panama, Polandia, dan Rusia, serta 11 group nasional dari berbagai provinsi di Mexico dan 10 group lokal Zacatecas. 

Pada saat di adakan festival folklore ini, para penonton datang dari berbagai penjuru kota Zacatecas, bahkan dari berbagai kota di sekitar Zacatecas dan provinsi lain di Meksiko. Mereka datang untuk menyaksikan festival yang berlangsung selama seminggu yang di adakan di 20 panggung yang berbeda baik di kota Zacatecas mau di kota tetangga.  Dalam acara ini SMA Negeri 8 berkesempatan untuk menghibur para penonton di 7 panggung berbeda. Group Indonesia mempunyai kesempatan khusus untuk tampil di Estada Policia yaitu Kepolisian Zacatecas yang bertanggung jawab untuk keamanan seluruh peserta pada acara ini.

Dalam festival ini, group SMA Negeri 8 yang beranggotakan 17 orang ini membawakan 7 tarian dari berbagai provinsi di Indonesia, di antaranya Tari Greget Jawara dan Tari Nandak Ganjen dari Betawi, Tari Yapong dari Jawa Tengah, Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Tifa dari Papua, Tari Enggang dan Balian Bawo dari Kalimantan dan yang paling favorit adalah Tari Saman dari Aceh di mana group SMA Negeri 8 ini mendapat “standing ovation” dari para penonton saat tampil di Kota Guadalupe. 

Perwakilan Pemerintah Indonesia KBRI Mexico turut hadir pada acara ini dan menyaksikan penampilan group SMA Negeri 8 pada saat Upacara Pembukaan dan di Teater Fernando Calderon. Pihak KBRI Mexico City yang di wakili oleh Sekretaris II Bidang Penerangan dan Sosial Budaya, Mrs. Febby Fahrani beserta Staf Lokal KBRI Mr. Ryo mengucapkan rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingi nya kepada Group SMA Negeri 8 yang telah mengharumkan nama Indonesia di Mexico dan turut menjadi duta bangsa dalam memperkenalkan kebudayan dan kesenian traditional Indonesia kepada masyarakat Zacatecas dan semua negara peserta Zacatecas International Folklore festival.







You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Formulir Kontak

Arsip Blog